Koleksi Bunga yang Dimiliki oleh Kebun Raya Baturraden

Purwokerto memang punya satu ikon andalan tempat wisata yang belum lama ini dibuka. Ya, jika anda penah melihat di berita media yang sempat geger akibat para pengunjung yang ingin berfoto selfi di tengah bunga. Tanpa sadar mereka merusaknya. Sekarang ini trendpwt akan membahas tentang Kebun Raya Baturraden.


Lokawisata Baturraden identik dengan Pancuran Pitu atau Legenda Lutung Kasarung. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa di kawasan wisata tersebut juga terdapat Kebun Raya Baturraden? Lokasi wisata yang satu ini tentunya terdengar begitu asing. Hal ini dikarenakan kebun raya ini termasuk destinasi wisata baru di kawasan Baturraden. Kawasan ini terbilang masih muda karena baru diresmikan pada akhir tahun 2015 lalu. Selain berfungsi sebagai lokasi wisata, kebun raya ini juga berfungsi sebagai cagar alam. Selama mengunjungi lokasi wisata ini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam yang masih asri, namun juga dapat belajar mengenai flora yang ada di dalam cagar alam tersebut.

Untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara agar mau berkunjung ke lokasi wisata ini, Kebun Raya Baturraden memiliki beragam flora endemik Pulau Jawa. Cagar alam ini memiliki koleksi lebih dari 25.000 spesies tanaman yang memesona. Tanaman yang terdapat di cagar alam ini sebagian merupakan tanaman yang tumbuh di Banyumas itu sendiri. Sedangkan sebagian lainnya merupakan tanaman yang telah melalui proses pembibitan dari Kebun Raya Bogor sebelum akhirnya dipindahkan ke sini. Meskipun memiliki puluhan ribu spesies flora, akan tetapi yang selalu menjadi sasaran para wisatawan adalah beragam tanaman bunga yang sengaja ditumbuhkan di kawasan kebun raya ini. Keindahan taman bunga dalam kawasan wisata tersebut sering dimanfaatkan sebagai spot untuk mengambil foto.


Kebun Raya Baturraden memiliki alamat di Desa Kemutuk Lor. Desa yang termasuk dalam Kecamatan Baturraden tersebut berada di wilayah Kabupaten Banyumas. Kebun raya yang memiliki luas mencapai lebih dari 143 hektar ini berada hanya 1,5 km saja dari gerbang utama Lokawisata Baturraden. Untuk menjangkau cagar alam tersebut, pengunjung dapat mengaksesnya dari beberapa arah. Salah satu jalur yang sering digunakan wisatawan untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah dari arah Selatan melalui Kota Purwokerto. Setelah sampai di gerbang utama lokawisata, pengunjung dapat menempuh beberapa menit perjalanan menuju gerbang kebun raya. Pengunjung akan disambut oleh deretan hotel dan vila yang sengaja dipersiapkan demi kenyamanan pengunjung.

Selain itu, lokasi cagar alam ini juga dilengkapi dengan tempat parkir kendaraan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Karcis parkir kendaraan bermotor di kawasan ini mulai dari Rp 3.000 saja. Untuk memasuki lokasi kebun raya, pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk ke dalam lokasi wisata hanya Rp 14.000 saja untuk setiap orang. Harga tersebut tentunya cukup terjangkau dan pastinya sepadan dengan keindahan alam yang dimiliki oleh Kebun Raya Baturraden. Setelah memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan dapat langsung merasakan kesejukan udara yang menyegarkan. Tidak hanya itu, untuk menambah kenyamanan berwisata, telah disediakan fasilitas seperti gazebo, toilet, tempat beribadah dan lain sebagainya.


Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt