Liburan Sambil Belajar Sejarah di Museum BRI Purwokerto

Belajar tidak harus di sekolah, mengunjungi museum juga dapat menambah wawasan kita terhadap sejarah. Salah satu contohnya museum yang trendpwt rangkum berikut ini. Di Museum BRI anda dapat mengenal mata uang yang bahkan tidak pernah anda lihat sebelumnya karena hanya ada di masa lampau.


Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan liburan, seperti mengunjungi beberapa tempat wisata. Masing-masing orang memiliki selera berbeda dalam menentukan tujuan wisata. Jika Anda lebih senang berwisata ke suatu tempat yang juga dapat menambah wawasan Anda, Museum BRI Purwokerto mungkin bisa menjadi salah satu pilihan tujuan berwisata Anda. Liburan memang seharusnya tidak hanya bersenang-senang. Dengan mengunjungi museum yang ada di Indonesia, seperti salah satunya museum BRI ini, Anda juga bisa mempelajari sejarah Indonesia dengan cara yang menyenangkan. Berikut ini informasi singkat mengenai sejarah museum BRI yang ada di Purwokerto dan apa saja yang bisa Anda lihat di dalamnya.

Purwokerto adalah kota kecil di kabupaten Banyumas yang telah menjadi saksi beberapa kejadian sejarah dan salah satunya adalah berdirinya BRI. BRI atau Bank Rakyat Indonesia didirikan oleh seorang patih bernama Aria Wirjaatmadja pada tahun 1985. Didirikannya BRI dilatarbelakangi masalah peminjaman uang dengan bunga sangat tinggi yang berasal dari para rentenir. Lalu akhirnya Raden Aria tergerak untuk mendirikan BRI sebagai Bank perkreditan rakyat dengan bunga pinjaman rendah. BRI juga kemudian menjadi Bank milik pemerintah yang pertama didirikan. Untuk mengingat peristiwa sejarah tersebut, akhirnya dibangunlah Museum BRI purwokerto ini. Bagi Anda yang tertarik mempelajarinya lebih banyak, Anda bisa mengunjungi museum tersebut.


Museum BRI yang terletak di Purwokerto memiliki dua lantai dengan luas bangunan yang tidak terlalu besar. Jika dilihat dari bagian luar, bangunan museum ini juga bentuknya lebih menyerupai sebuah rumah. Di dalam museum Anda bisa melihat pameran benda-benda yang berhubungan dengan sejarah berdirinya BRI. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati beberapa koleksi mata uang bersejarah yang telah beredar sejak masa kerajaan Majapahit yang ada di lantai atas. Lalu, Anda juga bisa mempelajari urutan perkembangan sistem perbankan sejak jaman dahulu yang diperlihatkan melalui alat-alat pendukung yang dipamerkan di lantai bawah. Ada pula replika kantor Bank di sebelah kiri bangunan Museum BRI purwokerto lengkap dengan patung raden Aria yang terlihat sedang melayani nasabah.

Para pengunjung yang datang ke museum untuk mempelajari sejarah berdirinya Bank BRI tidak hanya berasal dari dalam kota namun juga banyak diantaranya yang datang dari luar kota. Lokasi museum ini juga tidak sulit ditemukan karena berada di pusat kota, yaitu di Jalan Sudirman, Purwokerto. Akses jalan juga sangat mudah karena Museum BRI purwokerto berada di pinggir jalan. Jadi, Anda bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Selain itu, tidak ada tiket masuk yang dipungut untuk para pengunjung. Lalu, museum BRI buka pada pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 setiap hari Minggu sampai dengan Kamis.

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt