Oleh-oleh Khas Purwokerto, Getuk Goreng Sokaraja

Di Kota Purwokerto memang menyajikan begitu banyak makanan khasnya. Salah satunya adalah  Getuk Goreng. Mungkin di kota lain makan getuk sudah tak asing lagi. Tetapi di Purwokerto getuk tersebut disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu. Kira-kira seperti apa ya rasanya?


Pernahkah Anda mengunjungi kota bernama Purwokerto? Kota ini sebenarnya adalah salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas sekaligus menjadi ibukota Banyumas. Namun, dibandingkan dengan Banyumas, Purwokerto memang lebih terkenal. Kota ini memang sudah berkembang menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Ketika mengunjungi Purwokerto, ada satu jajanan khas Purwokerto yang tak bisa Anda lewatkan, yaitu getuk goreng sokaraja. Anda pasti sudah sering mendengar panganan yang satu ini. Getuk goreng yang paling lezat dan masih hangat hanya bisa ditemukan di Sokaraja, tepatnya di sekitar Jalan Jenderal Soedirman, Sokaraja.

Dari segi pengemasannya, getuk goreng ini dikemas dengan besek atau anyaman bambu. Getuk goreng khas Sokaraja memiliki rasa manis, legit dan sedikit gurih. Oleh-oleh khas Purwokerto ini cocok sekali disandingkan dengan minuman panas, seperti kopi atau teh. Sama seperti getuk yang lainnya, bahan dasar getuk goreng adalah singkong. Secara umum, resep dan cara pembuatan getuk ini pun sangat mudah. Anda yang tidak sempat berkunjung ke Purwokerto bisa membuat getuk ini sendiri di rumah dengan bahan dasar utama adalah singkong.


Sedikit pembahasan mengenai cara pembuatannya, getuk goreng sokaraja ini dibuat dengan bahan dasar singkong, tepung terigu, tepung beras, air dan garam. Pertama-tama, rebus singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Setelah matang, selagi masih hangat haluskan singkong, masukkan gula Jawa, tepung terigu, tepung beras, dan air, lalu haluskan kembali. Setelah itu, bentuk menjadi bulatan yang memanjang dan potong lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Setelah itu, goreng sampai adonan getuk goreng ini berwarna keemasan. Setelah itu, getuk goreng ini pun sudah siap dihidangkan.

Lalu, bagi Anda yang ingin berburu oleh-oleh khas ini, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek yang cukup banyak. Satu wadah kecil getuk goreng ini hanya dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000,00 sampai dengan Rp 25.000,00 saja. Untuk varian rasanya, getuk goreng sokaraja tak hanya memiliki rasa manis khas gula Jawa saja, tetapi ada juga rasa nangka, cokelat, durian dan lain-lain. Pusat getuk goreng khas Sokaraja ini terletak di Jalan Jenderal Soedirman, Sokaraja yang kira-kira berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Purwokerto.

Saat ini, getuk goreng ini pun tak hanya dapat dijumpai di Sokaraja saja. Getuk goreng ini juga sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Malang dan lain sebagainya. Jadi, jika Anda ngidam dengan penganan khas ini, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pusat jajanan dan  oleh-oleh yang ada di kota Anda. Getuk goreng sokaraja ini memang menjadi penganan wajib Purwokerto yang layak dijadikan sebagai oleh-oleh.

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt