Keindahan Wisata Gua Maria Kaliori

Memang Kota Purwokerto tak sebesar seperti kota lainnya. Akan tetapi di Kota Satria ini menyimpan beragam tempat yang keindahannya tidak dimilik oleh Kota lain. Contohnya saja tempat yang trendpwt sajikan berikut ini.


Wisata Gua Maria Kaliori berada di wilayah Kecamatan Kalibagor, Banyumas. Seringnya, tempat wisata ini begitu ramai dikunjungi oleh umat Katolik pada bulan Desember untuk berziarah. Jika berada di Purwokerto maka untuk mencapai lokasi Gua Maria Kaliori ini, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 20 kilometer.  Meskipun Gua Maria ini  digunakan untuk tempat berziarah umat Katolik, Goa ini merupakan tempat wisata yang terbuka untuk umum. Sebagai salah satu tempat ziarah terlengkap, tempat wisata religi ini memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti Aula St. Yoseph, pemakaman Uskup dan Imam, Taman Rosario Hidup, gereja, toko souvenir Gua Maria, Jalan Salib, Kapel Ratu Surga, pendopo bagi peziarah, ruang pengakuan dosa, serta Rumah Retret Maria Immaculata yang mampu menampung hingga 150. Selain itu, tersedia pula sarana lain seperti lahan parkir, MCK dan pos satpam.

Berdasarkan sejarah yang tercatat, pembangunan goa telah dimulai sejak tahun 1989.  Pada awalnya, pembangunan dilakukan di atas lahan yang kering dan gersang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tempat ini disulap menjadi sangat rindang dan juga asri. Setelah puas berjalan-jalan di Wisata Gua Maria Kaliori, Anda yang merasa lelah dapat beristirahat sejenak di pendopo yang nyaman dan sejuk. Jika melihat daerah sekitar, Anda akan menemukan pemakaman yang ditandai dengan nisan yang cukup besar. Jika biasanya pada nisan hanya terdapat nama dari orang yang meninggalnya saja, di tempat ini Anda akan menemukan nisan yang mencantumkan nama keluarga beserta kutipan ayat dari Alkitab umat Katolik. Hal inilah yang menjadi daya tarik pengunjung yang hendak melakukan wisata religi di tempat ini. 


Selain itu, ada pula patung Bunda Maria bernuansa putih yang sedang merentangkan kedua tangan. Bahkan adapula patung Yesus pada lokasi wisata ini, sehingga para umat Katolik dapat berwisata rohani dengan damai. Setelah puas berkeliling  mendakilah hingga ke atas Goa Maria karena di tempat tersebut, Anda dapat menemukan toko cindera mata serta barang-barang rohani umat Kristen. Anda yang bukan umat non nasrani tetap bisa menikmati keindahan alam di Wisata Gua Maria Kaliori ini karena lokasinya yang sejuk.

Disamping itu, tak jarang pula banyak para mahasiswa atau pelajar yang mendirikan tenda di sekitar tempat wisata ini sebagai lokasi Malam Keakraban yang diadakan organisasi kampus atau sekolah yang terdapat di Purwokerto atau daerah lain di Kab. Banyumas. Hal tersebut dikarenakan pemandangannya yang indah dan menawan. Masyarakat yang mengadakan camping biasanya membangun tenda di Bumi Perkemahan (Bumper) Kaliori yang lokasinya sangat dekat dengan Goa Maria. Di Bumper tersebut, terdapat outbond yang seru dan menyenangkan. Maka dari itu tak heran jika selain umat kristen, banyak pula para mahasiswa dan pelajar yang mengunjungi Wisata Gua Maria Kaliori.

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt