Kuliner Nikmat Mendoan Khas Purwokerto dengan Cita Rasa Unik

Ternyata Kota Purwokerto tidak hanya mempunyai daya tarik di bidang wisata saja. Namun, kuliner khasnya juga menjadi incaran para treaveler yang mungkin mampir ke Kota Satria ini. Trendpwt akan membahas tentang kuliner khasnya yaitu Mendoan.


Anda pastinya sudah tahu bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya akan seni budayanya. Selain itu, tiap daerah di Indonesia juga memiliki kuliner khas yang wajib dicoba saat Anda datang berkunjung. Lalu, jika Anda datang ke Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, jangan sampai Anda melewatkan untuk mencicipi mendoan khas Purwokerto. Karena rasanya yang khas dan unik, mendoan juga kini sudah menyebar di kota-kota besar seperti Jakarta. Meskipun mendoan bisa dijumpai di berbagai daerah Jawa tengah lainnya, namun cita rasa mendoan asli Purwokerto tidak ada bandingannya. Bagi Anda yang belum pernah mencoba bahkan mengetahui bagaimana bentuk dan rupanya, simaklah penjelasan singkat berikut ini.

Nama mendoan berasal dari kata Banyumas “mendo” yang berarti setengah matang. Bahan dasar pembuatan mendoan khas Purwokerto adalah tempe. Oleh karena itu makanan ini juga biasa disebut dengan tempe mendoan. Memasak mendoan harus dengan minyak panas dan tidak boleh terlalu lama. Proses masak yang cepat dilakukan untuk mendapatkan mendoan yang masih setengah matang atau masih dalam keadaan lembek. Inilah yang membuat mendoan asal Purwokerto berbeda dengan yang lainnya. Hal ini karena di daerah lain seperti Semarang, mendoan yang disajikan adalah tempe yang diiris tipis dan dibalut tepung kemudian digoreng hingga garing. Banyak orang yang berasal dari luar Jawa Tengah terkecoh dengan penamaan mendoan dari luar Purwokerto.


Jika Anda ingin mencicipi mendoan asli Purwokerto, Anda bisa mampir ke tempat-tempat makan di daerah Purwokerto yang menyediakan mendoan dalam menu. Namun, hampir semua tempat makan menyediakannya, jadi Anda tidak akan sulit menemukannya. Mendoan juga tersedia di berbagai rumah makan mulai dari yang ada di pinggir jalan hingga restoran mahal. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tapi umumnya, mendoan dijual dengan harga yang terjangkau. Mendoan khas Purwokerto bisa disantap sebagai cemilan bersama dengan minuman teh atau kopi hangat atau dimakan sebagai lauk dengan nasi hangat dan sambal atau cabe rawit.

Meskipun mendoan bisa dengan mudah didapatkan di berbagai tempat makan di Purwokerto atau bahkan daerah lainnya, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan mudah didapatkan. Cara pembuatannya pun sangatlah mudah. Bahan-bahannya antara lain, tempe yang diiris tipis, tepung terigu, air daun bawang. Siapkan juga bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, ketumbar dan garam. Setelah adonan tepung dan bumbu halus tercampur rata, lumuri tempe dan masukkan ke dalam minyak panas. Menggoreng tempe mendoan sebaiknya tidak terlalu lama agar mendapat tekstur setengah matang yang pas. Setelah ditiriskan, sajikan mendoan khas Purwokerto yang masih hangat dengan cabe rawit. Mendoan hangat sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin atau di pagi hari sebagai sarapan.

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt