Mata Air Panas Kalibacin yang Terkenal

Menjelajahi wisata di Purwokerto memang tidak ada habisnya. Selalu saja Trend Purwokerto menyuguhkan tempat-tempat yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Seperti salah satu tempat berikut ini yaitu mata air panas kalibacin.


Mata air panas kalibacin merupakan salah satu lokasi wisata terkenal dan patut dikunjungi jika Anda berada di Purwokerto. Berdasarkan infromasi, mata air panas yang berada di Desa Tambaknegara, Rawalo, Banyumas ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti tulang, kulit, dan urat saraf. Karena khasiatnya tersebut, dibangun tempat pemandian umum pada tahun 1892. Lokasi pemandian air panas ini sangat bersih dan asri sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung. Tempat pemandian ini dinamakan Kalibacin karena kandungan belerangnya yang tinggi. Sehingga dianggap “bacin” atau bau. Padahal, bau yang dimaksud bukan seperti bau tidak sedap. Di tempat ini terdapat tiga pilihan ruang untuk pemandian. Ketiganya disesuaikan berdasarkan manfaatnya yaitu kulit, tulang dan syaraf.

Selain itu, adapula kolam kecil yang disediakan untuk anak-anak yang dinamakan kolam keceh. Jika pemandian air panas pada umumnya terasa panas, lain halnya dengan pemandian Mata air panas kalibacin yang justru terasa dingin seperti air biasanya. Hal unik inilah yang menjadi daya tarik tempat wisata ini. Tak hanya menawarkan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, tempat pemandian ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah karena berada dekat dengan sungai Serayu yang terkenal.


Setelah puas berendam di Mata air panas kalibacin, Anda juga bisa berwisata alam ke Sungai Serayu dengan membayar jasa perahu. Dengan perahu tersebut, Anda bisa menyusuri pesona alam Sungai Serayu yang memang sudah terkenal hingga pelosok negeri. Bahkan di daerah sekitar pemandian tersebut juga disediakan wisata arum jeram yang menantang andrenalin. Jika Anda lapar, cukup datang ke Bendung Gerak Serayu karena di sekitarnya terdapat banyak rumah makan yang menyediakan hidangan lezat khas Banyumasan. Anda yang berasal dari luar kota juga tidak perlu khawatir karena di tempat pemandian ini terdapat berbagai hotel menawarkan harga terjangkau.

Untuk dapat masuk ke objek wisata pemandian ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 2.500 per orang untuk kelas VIP. Sedangkan untuk kolam kelas 1 dibanderol harga Rp 2000 setiap orangnya. Jika Anda membawa anak kecil, maka untuk berenang di kolam keceh harga tiketnya adalah Rp 2000 per orang. Dan saat Anda hendak menambah waktu berendam maka dikenakan tiket terusan sebesar Rp 3500 per orangnya. Selain tiket masuk, Anda yang membawa kendaraan juga dikenakan tiket parkir. Meskipun begitu, harga tiket parkirnya cukup murah yakni Rp 2000 untuk mobil dan Rp 1000 untuk kendaraan bermotor. Melihat betapa terjangkaunya harga tiket yang ditawarkan serta manfaat yang diberikan, maka tak ada salahnya jika lokasi wisata pemandian Mata air panas kalibacin ini dijadikan tempat berlibur yang menyenangkan saat berada di Purwokerto.

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt