Uniknya Bahasa Ngapak

Lagi-lagi Purwokerto mendapat julukan unik di mata Nasional. Mungkin dari sebagian orang yang mengenal Kota Purwokerto tidak akan heran dengan sebutan Kota Ngapak. Namun, tidak sedikit juga yang menganggap Bahasa Ngapak itu sebagai bahasa yang lucu. Adapun artis terkenal yang membawakan logat ngapak di televisi. Contohnya saja Parto dan Group lawak Warkop DKI terutama Indro. Terkadang mungkin lawakannya biasa saja namun logat bahasa yang di pakai terdengar lucu.

Walaupun Purwokerto masih di wilayah Jawa Tengah. Namun Kota Purwokerto tidak menggunakan bahasa jawa seperti yang ada di kota lainnya. Bahasa Ngapak sendiri hanya di gunakan di daerah Karisidenan Banyumas yaitu meliputi:
  • Purwokerto
  • Cilacap
  • Purbalingga
  • Banjarnegara
  • Kebumen
  • Tegal
  • Bumiayu
  • Wonosobo
Selain itu Bahasa Ngapak juga sangat spesial. Bahkan di Suriname, Negara yang konon penduduknya bekas orang Indonesia yang dulu di jajah oleh Bangsa Belanda. Saat ini masih menggunakan bahasa tersebut, bahkan disana Bahasa yang digunakan oleh orang Purwokerto ini di jadikan bahasa nasional orang sana. Itu berarti jika anda bisa menggunakan bahasa orang Purwokerto ini, anda bisa berkomunikasi lancar dengan orang Suriname.


Pada dasarnya Bahasa Ngapak sama saja dengan bahasa Jawa. Namun dari segi pemilihan katanya, Ngapak punya ciri khas tersendiri. Sehingga orang Jawa yang mau belajar bahasa ini tidak perlu lama untuk lancar mengucapkannya. Bedanya hanya ada pada logat dan koasa kata. Ngapak sendiri sama seperti bahasa Jawa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Ngapak Kasar
Contoh: Arief diceluk Bapak

2. Ngapak Agak Halus
Contoh: Arief diundang Bapak

3. Ngapak Halus
Contoh: Arief ditimbali Bapak

Tiga jenis bahasa ngapak di atas yaitu menggolongkan antara bahasa yang cara mengucapkannya kita pada teman, pada orang yang lebih tua dari kita, ataupun kepada orangtua haruslah diperhatikan. Jika Ngapak Kasar itu digunakan untuk kita berbicara dengan teman sebaya. Ngapak agak halus kita gunakan untuk kita berbicara dengan orang yang lebih tua dari umur kita. Sedangkan untuk Ngapak Halus kita gunakan untuk kita berbicara dengan orangtua.

Begitulah sedikit gambaran tentang Bahasa Ngapak. Bagi anda yang hidup di daerah Kabupaten Banyumas pastinya sudah lancar menggunakan bahasa ini sehari-hari. Beberapa anak-anak muda wilayah ngapak ada sebagian yang gengsi menggunakan bahasa ini karena dianggap kampungan. Namun tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk berbicara dengan teman yang sudah akrab.



Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt