Sejarah Kota Purwokerto Berdiri

Siapa dari anda yang mengetahui kapan Kabupaten Banyumas itu berdiri? Tentunya pasti jarang dari kita yang mengetahuinya tanpa browsing di search engine Google terlebih dahulu. Kali ini Trend Purwokerto akan berbagi informasi mengenai Sejarah Kota Purwokerto dan pastinya terkait dengan berdirinya Kabupaten Banyumas. Sebelum anda mengolek wisata apasaja di Purwokerto tentunya anda harus mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.


Alun-Alun Purwokerto Tempo Dulu

Kabupaten Banyumas sendiri berdiri di tahun 1582 yaitu tepatnya pada hari Jum’at Kliwon tanggal 6 April 1582. Itu berarti sebelum kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Banyumas ini sudah berdiri. Setelah itu Kabupaten Banyumas sendiri ditetapkan dengan Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Tingkat II Banyumas No. 2 tahun 1990. Namun dibalik PERDA yang sudah ditetapkan terdapat banyak sekali para pahlawan yang berjuang demi mendapatkan hak atas wilayah Banyumas. Untuk itu kita harus mengapresiasi kepada Satria yang telah membuat Sejarah Kota Purwokerto.

Tentu saja jika anda lihat jauh ke belakang, sejarah Kota Purwokerto ini jauh dari moderniasi seperti sekarang ini yang ketika malam hari dihiasi dengan gemerlap lampu. Di taman kota yang ramai dikunjungi oleh orang-orang yang hendak melepas penak setelah menjalankan rutinitasnya. Hotel dan supermarket yang dibangun di wilayah kota menambah perkembangan ekonomi dan pertumbuhan masyarat modern seperti saat ini. Di Wilayah Karisidenan Banyumas sendiri, Purwokerto mengecap sebagai kota yang administratif dan patut untuk dijadikan sebagai ibukota dari Kabupaten Banyumas. 

 Pasar Wage Purwokerto Tempo Dulu

 Stasiun Purwokerto Tempo Dulu

Ada dua sumber kitab yang mencatat sejarah Kota Purwokerto, yaitu terdapat pada kitab Negara Kertahama dan kitab Badab Tanah Jawi. Di dalam kitam ini tercatat bahwa ada kota-kota yang terdapat di pedalaman namun sudah mempunyai sistem administratif basis perekonomian dalam bidang pertanian. Seperti halnya Kota Purwokerto yang sudah menjalankan sistem tersebut. Selain itu pada kitab yang disebutkan di atas terdapat juga istilah kata dari Purwokerto itu diambil. Purwo yang berarti memiliki istilah “wiwitan” atau dalam bahasa Indonesia memulai, dan kata Kerto yang berarti “kacukupan” atau kemakmuran. Jadi, nama Purwokerto tersebut memiliki arti dimulainya kemakmuran.

Dalam Sejarah Kota Purwokerto yaitu dimasa penjajahan Pemerintah Belanda, telah membangun pusat kota yaitu bernama Purwakerta. Perekonomian di kota ini berjalan di pusat kota yang saat ini bernama Pasar Wage. Karena sebelumnya di pemerintahan Belanda, Purwakerta letaknya yaitu di Kota Adjibaran (ajibarang). Karena terjadi bencana angin puting beliung selama 40 hari 40 malam maka pusat kota tersebut di pindahkan. 

Memang membahas tentang Sejarah Kota Purwokerto sungguh sangat menyenagkan. Kita jadi semakin tahu mengenai berdirinya Kota Purwokerto. Tentunya anda juga pasti mendapat wawasan yang lebih dari tempat-tempat yang kini mungkin anda kunjungi sudah megah dan berdiri kokoh. Namun dulunya adalah tempat yang hanya menjadi pendukung administratif Kota Purwakerta.


Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt