Soto Sokaraja, Hidangan Soto Unik dan Lezat Khas Banyumas

Seringkali bila kita sedang berkunjung di suatu kota, maka yang pertama kita cari adalah makan. Pastinya kita tertuju pada kuliner khas tempat kita berada. Seperti halnya Purwokerto yang menyimpan sejuta rasa kuliner yang unik.


Jika Anda berkunjung ke Purwokerto, Banyumas, jangan pernah melewatkan kesempatan untuk merasakan nikmatnya jajanan khas daerah ini, yaitu soto sokaraja. Sokaraja sendiri adalah nama tempat yang masih masuk dalam lingkup Banyumas. Soto ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan berbeda dengan jenis soto pada umumnya. Anda dijamin akan ketagihan jika mencicipi kuliner khas tanah ngapak ini. Kuliner ini pasti akan menjadi hal yang paling disarankan jika mengunjungi Purwokerto. Berlibur akan terasa kurang lengkap jika belum mencicipi soto khas Sokaraja ini. Di Kota Banyumas, Purbalingga, maupun Banjarnegara, Anda akan mudah menemukan penjual soto khas Sokaraja ini. Awalnya, soto lezat ini memang diolah dengan ayam kampung yang lezat. Namun, seiring dengan perkembangannya, ada juga pilihan soto ayam negeri dan juga soto daging.

Keunikan soto sokaraja terletak pada bumbu kacang serta taburan kerupuk warna-warninya yang menjadikan soto khas ini lebih kaya rasa dan warna. Selama ini, beberapa masakan soto selalu berkuah bening. Namun, kuliner khas Purwokerto ini memiliki kuah yang dicampur dengan kacang yang akan membuat citarasa soto menjadi semakin gurih. Selain bumbunya, soto ini tidak disajikan dengan nasi seperti jenis soto pada umumnya. Akan tetapi, soto khas sokaraja biasanya disajikan dengan ketupat. Di daerah ini, ketupat tidak hanya ada pada saat Lebaran saja, tetapi juga sering kali dimasak untuk hidangan sehari-hari.


Bagi pecinta masakan dengan bumbu kacang, soto khas sokaraja menjadi pilihan yang sangat tepat. Dalam satu mangkuk soto sokaraja, terdapat suwiran ayam yang lezat, soun, touge, kedelai, ditambah dengan taburan kerupuk warna-warni yang sudah dimemarkan. Orang yang pertama kali merasakan soto berbumbu kacang ini mungkin akan merasa aneh pada suapan pertama. Namun, setelah lidah Anda terbiasa merasakan soto ini, rasanya pun akan terasa sangat lezat. Anda pasti akan ketagihan setelah merasakan kelezatan dari soto yang satu ini.

Secara umum, untuk bahan-bahan pembuatan soto khas Sokaraja ini hampir sama dengan soto pada umumnya. Perbedaannya hanyalah pada sambal kacangnya atau bumbu kacangnya. Bagi Anda yang penasaran dengan rasa soto khas Sokaraja ini. Anda bisa menambahkan bumbu kacang pada olahan soto yang Anda masak. Sama seperti hidangan soto lainnya. Soto berbumbu kacang ini juga lebih nikmat ketika dikonsumsi pada saat masih hangat. Untuk membuat bumbu kacang ini, bahan-bahannya adalah 200 gram kacang tanah yang sudah dihaluskan, enam cabai rawit, dua bawang putih, 1 sendok makan garam, 2 sendok teh gula merah, 1 sendok makan air asam. Haluskan bahan-bahan tersebut. setelah itu taburkan bawang goreng di atas sambal ini. Bumbu kacang inilah yang memberikan rasa yang khas pada soto sokaraja. Satu mangkuk soto sokaraja ayam biasanya dijual dengan harga Rp 10.000,00.



Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt