Suasana Hutan dan Situs Purbakala Di Wisata Batur Agung

Batur Agung adalah nama salah satu destinasi wisata di daerah Kabupaten Banyumas yang letaknya berlokasi di Desa Baseh Kecamatan Kedung Banteng - Banyumas. Jaraknya dari kota Purwokerto sekitar 15 Km atau kurang lebih 30 menit jika menggunakan kendaraan pribadi. Di kawasan inilah situs sejarah purbakala yang bernama Raden Kamandaka berada di tempat ini berupa petilasan / tempat pertapaan dimasa pelariannya dari serangan kerajaan Padjajaran. Pada wisata Batur Agung ini juga terdapat areal tempat pertapaan Raden Kamandaka tersebut masih tersimpan rapi serta terdapat juga berbagai macam benda purbakala yang diduga oleh ilmuan sebagai barang sepeninggalan di jamannya. 


Selain itu wisata Batur Agung dihiasi dengan keindahan lereng Gunung Slamet yang di dalamnya terdapat pepohan rimbun dan memiliki udara yang fresh, dan juga bening air sungai Logawa serta alam pedesaan yang jauh dari modernitas menjadikan Batur Agung sebagai dimensi alam wisata yang berbeda dari wisata alam lainnya. 

Selain sebagai tempat bersejarah di kabupaten Banyumas. Batur Agung kinipun hadir sebagai salah satu ikon wisata alam di Kabupaten Banyumas. Tentunya memiliki suguhan Alam dan Wahana wisata yang berbeda. Adapun Wahana rekreasi yang dapat anda ditemui di Batur Agung antara lain:

  • Situs Purbakala
  • Jogging Track
  • Water Park
  • Logawa Valley
  • Outbound Arena
  • ATV Trail
  • Flying Fox


Berdasarkan cerita dari juru kunci yaitu Pak Sarno selaku petugas dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala. Wisata Batur Agung ini di lindungi oleh BP3 Jawa Tengah karena ditempat ini merupakah situs peninggalan purbakala yang perlu dilestarikan. Batur Agung sendiri memiliki arti yaitu Batur berarti wilayah atau kawasan sedangkan Agung adalah Besar. Jadi, Batur Agung memiliki ariti Wilayah Besar sebab Petilasan ini dilansir sebagai Peninggalan Orang ternama yaitu Raden Kamandaka yang mendapatkan wangsit sebagai Lutungkasarung.

Walaupun di kawasan hutan wisata Batur Agung ini tidak terlalu luas. Karena hutan ini dikelilingi oleh sawah dan kolam pemancingan. Namun jika anda sudah masuk ke dalam anda akan merasakan suasana hutan yang ada di Kalimantan. Sebab tempat ini sangat sejuk dan ditumbuhi pohon yang rimbun di tambah lagi batu yang sudah ditumbuhi oleh lumut hijau menjadikan suasana serasa berada di hutan yang sesungguhnya.

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt