Wisata Budaya di Taman Karang Panginyongan

Saat ini jarang sekali ditemukan tempat yang khusus memperkenalkan sebuah budaya disuatu daerah tertentu. Seperti halnya Budaya Banyumasan yang kini harus kita lestarikan untuk memelihara keutuhannya. Supaya generasi penerus kita tidak luntur dari budaya tersebut. Untunglah kita memiliki sosok yang sangat peduli akan hal tersebut ia adalah Ahmad Tohari, Budayawan asal Jatilawang Banyumas. Bersama seorang pegusaha Koeswintoro atau yang biasa disapa dengan sebutan Pak Lim, asal Kebumen. Mereka akhirnya mencetuskan sebuah ide dengan membangun sebuah taman wisata budaya yang berbasis pada edukasi karakter. 


Taman yang mereka dirikan bernama Taman Karang Panginyongan. Taman ini letaknya masih satu area dengan Curug Cipendok. Jika anda sudah pernah mendengar daerah Bukit Teletubis taman ini tepat berada di sebelahnya.  Lokasinya dapat anda tuju melalui dua rute yaitu jika anda berangkat dari arah Tumiyang maka taman tersebut letaknya di sebelah kiri jalan. Akan tetapi  jika anda berangkat melalui jalur tengah atau dari arah pertigaan maka berbeloklah ke arah kiri, karena bila anda belok ke kanan maka akan menuju ke curug Cipendok.

Sedangkan untuk wilayah  taman budaya tempat ini, Taman Karang Panginyongan termasuk dari 8 Blok telah ditentukan, antara lain:
  1. Blok Manggar Sewu,
  2. Blok Lembah Temu Agung,
  3. Blok Punggung (geger) Kamulyan,
  4. Blok Punthuk (bukit) Asmara,
  5. Blok Jengkol Keramat,
  6. Blok Mlinjo Surya,
  7. Blok Kampung Karang Panginyongan dan
  8. Blok Jamu (kebun tanaman herbal).

Keberadaan taman ini sangat disambut gembira oleh warga sekitar Karang Tengah. Sebab ditempat ini selain cocok digunakan sebagai spot hunting karena memiliki view yang cukup bagus, Taman ini juga mengedepakankan akan seni budaya yang ada di Banyumas. Sehingga harapannya dengan adanya Taman Karang Panginyongan yang berbasis edukasi dan budaya tersebut dapat membuat warga disekitar menjadi lebih maju. 

photo from @vitongdwiputranto

Kondisi di dalam Taman Karang Panginyongan tersebut cukup luas dan juga masih ada tahap pembangunan di beberapa titik. Namun segala sarana dan fasilitas yang ada sudah ada tergolong cukup memadai, yaitu meliputi:
  • Saung untuk beristirahat
  • Warung Kuliner khas banyumasan
  • Pendopo
  • Taman Bunga dengan bunga yang asli
  • Kolam-kolam kecil
  • Mushola, dan 
  • Toilet
Untuk biaya masuk ke Taman Karang Panginyongan tersebut sangatlah terjangkau anda akan dikenai biaya retribusi Rp 3.000,- untuk parkirnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa taman ini mirip sekali dengan Kebun Raya Baturraden. Bagi anda yang masih penasaran langsung saja untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat tujuan wisata akhir pekan anda berikutnya.

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt