Terbaru

Gempa di Pulau Jawa

Pada hari jumat 15 Desember sekitar pukul 23:47 WIB. Pulau Jawa di guncang oleh gempa berkekuatan 6.9 SR. Dikutip dari situs resmi BMKG bahwa gempa tersebut berada dalam kedalaman 107 KM, dan pusat gempa berada di daerah sekitar Tasikmalaya. Gempabumi ini juga berpotensi Tsunami di daerah pesisir Pulau Jawa, dari hasil pengamatan BMKG hingga pukul 02:14 telah terjadi tiga kali gempa susulan dengan kekuatan sekitar 3.3 SR. Gempa ini cukup kuat karena hingga daerah ibukota juga ikut merasakan goncangannya, warga yang tinggal di gedung tinggi sangat ketakutan hingga tidak ingin kembali sementara waktu karena takut akan gempa susulan yang lebih besar.

Gempabumi dini hari tadi masuk dalam kategori gempa menengah, dan berdasarkan hasil pemodelan yang dilakukan oleh BMKG memang berpotensi tsunami. BMKG juga telah memperingatkan Tsunami dini, dan kepada mayarakat yang baerada disekitar pantai selatan untuk sementara tidak melakukan aktivitas dipantai.

Kabupaten Banyumas dan sekitarnya juga sangat merasakan dampak dari Gempabumi dini hari tadi,  Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas (RSUD) dan Rumah Sakit Siaga Medika rusak berat. Akibatnya, kurang lebih 56 pasien RSUD Banyumas dipindahkan ke ruangan yang lebih aman, karena adanya kerusakan di sejumlah ruang rawat inap pascagempa. Selain itu, berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan BPBD Banyumas dan Tagana Banyumas, sedikitnya 31 rumah di kabupaten itu rusak dan banyak juga yang roboh akibat gempa. Kerugian masyarakat yang terkena dampak Gempa belum dapat dipastikan totalnya.





Sementara itu, masyarakaat di ingatkan untuk selalu menigkatkan kewaspadaan. Meski begitu masyarakat juga diminta untuk tidak panik dan bertindak gegabah. Sebaiknya agar terus mengikuti petunjuk  dan arahan instansi resmi yang terkait.

Masyarakat juga di ingatkan untuk todak mudah percaya pada isu atau berita yang tidak bertanggung jawab, dan jika membutuhkan informasi terbaru terkait Gempabumi bisa menghubungi kantor BMKG atau mengunjungi situs resminya.

Sekian postingan dari blog kami, mohon maaf jika ada kesalahan. Tetap ikuti segala inforfamsi terbaru tentang kota Purwokerto dan jangan lupa untuk follow akun twiter dan instgram kami di @trendpwt.