Stasiun Purwokerto Jaman Dulu dan Sekarang

Stasiun Purwokerto (+75) merupakan jantung transportasi antar kota setelah Terminal Bulupitu. Tempat ini juga menjadi kawasan Daerah Operasional (DAOP) V Purwokerto. Tepatnya berada di daerah Kober, Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Stasiun Purwokerto berdiri pada tahun 1917-1918 dan sudah banyak sekali perubahan yang terjadi pada stasiun ini dari tahun ke tahun, hingga sekarang. Mulai dari perubahan fungsi, arsitektur, maupun sarana dan prasarananya. Sampai pada saat ini terdapat 7 jalur kerta yang berjejer di stasiun tersebut dimana salah satunya adalah jalur yang digunakan untuk Dipo Lokomotif.

Masyarakat Purwokerto perlu bangga dengan stasiun yang mereka punya. Mengingat Stasiun Purwokerto merupakan stasiun besar yang di lengkapi dipo lokomotif sangat bersih. Sehingga mendapatkan penghargaan sebagai dipo terbaik se-Jawa Tengah. Untuk armadanya sendiri memiliki  lokomotif CC201 dan CC203 yang memang tidak terlalu banyak jumlahnya. Akan tetapi dengan kehadiran lokomotif type CC206 menjadikan kebanggan tersendiri bagi Daop V.

Foto Stasiun Purwokerto yang diambil pada tahun 1923


PERBEDAAN FASILITAS PADA JAMAN DULU DAN SEKARANG

A. JAMAN DULU 

Di era 2000-an stasiun ini masih belum tertata menejemen yang profesional. Pasalnya untuk kawasan di dalam stasiun masih belum terlihat kerapiannya. Banyak sekali faktor yang membuat stasiun ini menjadi kurang nyaman dijamannya, seperti: pedagang asongan yang lalu lalang, pengamen di kereta, kebersihan yang tidak terjaga (di gerbong maupun area stasiun), calo ticket, dan terkadang yang paling membuat kita harus sedikit bersabar adalah masalah antri ticket.

B. SEKARANG

Namun kini perubahannya sungguh drastis. Menejemen yang diterapkan pada Stasiun Purwokerto sudah mirip ala-ala bandara pesawat terbang. Sebab saat ini kita tidak bisa sembarangan masuk ke dalam stasiun jika tidak memiliki ticket. Awalnya masyarakat memang menyayangkan tentang kebijakan tersebut. Namun jika dilihat dari segi fasilitas yang didapat. Akhirnya masyarakat bisa menerima bahkan menjadi puas dengan pelayanan yang diberikan. Contohnya seperti: kebersihan yang terjaga, wifi area, gerbong yang tidak semrawut, stop kontak untuk charger HP, AC, pemesanan ticket yang tidak harus antri berjam-jam.

Bahkan dengan perkembangan teknologi jaman sekarang yang serba cepat dan praktis. Ticket kereta api tujuan manapun bisa kita booking lewat online. Hanya dengan mengakses website traveloka kita dapat membeli ticket kereta yang diperlukan untuk tujuan kemanapun dan kapanpun. 



KENAPA MENGGUNAKAN TRAVELOKA?

Traveloka Kereta Api - Merupakan salah satu fitur dari pemesan ticket terbaik di Indonesia. Karena traveloka adalah official partner dari PT. KAI (Persero) dan RailLink. Sehingga kita tidak perlu repot datang ke stasiun untuk membeli ticket kereta. Cukup dengan mengunjungi website Traveloka dan mengisi formulir yang disediakan dan klik "Search Ticket". Mulai dari kereta kelas Ekonomi, Bisnis, maupun Eksekutif bisa kita dapatkan disini.

Berikut tata cara dan prosedur pemesanan ticket kereta api melalu traveloka:
  1.  Kunjungi situs traveloka di www.traveloka.com
  2.  Pilih tab Kereta Api / Trains.
  3.  Tentukan stasiun kota asal dan stasiun kota tujuan anda .
  4.  Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah orang di ticket anda, lalu klik "Search Ticket".
  5.  Setelah itu, traveloka akan menampilkan berbagai macam jenis kereta dan harga secara rinci.
  6.  Pilih sesuai kebutuhan anda, lalu klik " Pesan Sekarang".
  7.  Kemudian isi data penumpang sesuai KTP dan nomor kontak anda.
  8.  Review dan teliti sekali lagi ticket yang anda pesan sebelum melakukan pembayaran.
  9.  Jika sudah oke, anda akan di bawa ke halaman Payment.
  10.  Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran online yang anda inginkan sebelum limit waktu pemesanan habis.
  11.  Kemudian traveloka akan memproses verifikasi pembayaran dan ticketing.
  12.  Setelah tunggu beberapa menit, E-ticket anda akan terbit.
Begitu mudahnya memesan ticket secara online tanpa perlu repot lagi. Bagi anda yang ingin bepergian ataupun memang meiliki hobi traveling. Segeralah gunakan traveloka sebagai partner perjalan anda kemanapun dan kapanpun. Karena selain praktis dan efisien ada banyak promo menarik dan potongan harga disetiap periodenya. Untuk anda pengguna smartphone bisa juga download aplikasi Traveloka di Play Store ataupun App Store.

Posting Komentar

Kategori

Media Advertising

Ads, Kritik / Saran

Email : trendpwt@gmail.com

Cari

Copyright © Trend Purwokerto. All rights reserved. Template by @trendpwt