Terbaru

10 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Mobil di Purwokerto


Ketika Anda sedang melakukan perjalanan dinas ke Purwokerto tanpa kendaraan dinas, akan sangat penting untuk mengunjungi lokasi sewa mobil Purwokerto demi mendapatkan mobil yang sesuai keinginan, agar seluruh aktivitas di Purwokerto berjalan lancar. Namun demikian, saat ingin melakukan prosedur sewa mobil, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:


1. Jenis mobil yang dipilih
Ketika Anda datang ke Purwokerto untuk pekerjaan atau melakukan perjalanan wisata, sesuaikan mobil yang akan digunakan dengan rute tempat tujuan dan kondisi lokasi tujuan. Penyesuaian tersebut bertujuan untuk membuat Anda nyaman selama melakukan perjalanan. Apabila Anda membutuhkan mobil yang mampu memuat banyak penumpang, akan lebih baik jika Anda menyewa mobil model MPV, seperti Innova atau Avanza. Namun demikian, jika Anda berniat menggunakan mobil yang mampu membawa banyak barang dan bisa dipakai untuk segala jenis kondisi termasuk area curam, Anda bisa mencoba menyewa mobil SUV.


2. Spesifikasi dan tahun kendaraan
Pertimbangan kedua yang perlu Anda pikirkan pada saat akan menyewa mobil adalah spesifikasi dan tahun kendaraan. Jika Anda ingin merasa aman dan nyaman, Anda bisa memilih kendaraan keluaran tahun terbaru atau memiliki spesifikasi yang lengkap, dari segi velg ban, interior, hingga eksterior. Meski harga sewa mobil yang masih baru umumnya sangat mahal, namun tingkat kenyamanan selama penggunaan mobil pasti terjamin dengan baik.


3. Persyaratan untuk sewa
Sebelum sewa mobil Purwokerto, tanyakan detail persyaratan yang dibutuhkan untuk mempercepat proses administrasi sewa. Umumnya, untuk menyewa mobil, Anda akan dimintai dokumen berupa KTP, KK, dan uang jaminan.


4. Kondisi mobil yang disewa
Apabila Anda tidak dapat memperoleh mobil tahun muda atau tahun yang masih baru, Anda bisa mencoba bertanya pada pihak persewaan kendaraan bagaimana kondisi mobil yang dapat Anda sewa. Jika perlu, minta pada pihak penyedia sewa mobil agar Anda dapat melihat langsung kondisi mobil yang akan disewa, baik interior maupun eksterior. Secara umum, Anda bisa memeriksa beberapa aspek berikut saat akan menyewa mobil di Purwokerto.

a. Ada tidaknya bagian badan mobil yang lecet atau penyok
Anda harus berhati-hati saat memilih mobil sewa dengan mengecek detail kondisi mobil yang dipilih, hal ini untuk menghindari kerugian materil yang mungkin akan dibebankan pada Anda apabila terjadi kerusakan pada badan mobil saat pengembalian. Demi keamanan, jangan lupa untuk memeriksa ada tidaknya bagian luar mobil yang penyok atau lecet. Periksa seberapa banyak bagian luar mobil yang lecet atau penyok dan jika perlu, Anda bisa mengabadikannya dengan telepon genggam. Hal ini bisa membantu Anda untuk menghindarkan klaim pemilik tempat sewa apabila terjadi kerusakan yang mungkin tidak ada kaitannya dengan Anda selama pemakaian.

b. Cek oli, radiator, dan bensin
Hal berikutnya yang perlu diteliti adalah kondisi oli, radiator, dan bensin. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Jika Anda menyewa dalam kondisi oli mobil perlu diganti, segera lakukan penggantian oli dengan prosedur yang sesuai dengan tempat persewaan. Untuk radiator, Anda harus memastikan bahwa mobil tidak dalam kondisi overheat untuk menghindari mobil mogok ditengah jalan. Kondisi bensin saat akan melakukan perjalanan juga harus dicek untuk membuat perkiraan berapa nominal bahan bakar yang harus Anda keluarkan selama melakukan perjalanan di Purwokerto.

c. Periksa jok mobil
Ada kemungkinan mobil yang Anda sewa memiliki barang yang tertinggal dari penyewa yang sebelumnya atau dalam kondisi kotor karena jarak pengembalian mobil dengan penyewa sebelumnya dengan Anda sebagai peminjam selanjutnya terlalu dekat. Untuk itu, tidak ada salahnya bertanya pada pemilik tempat sewa apakah mobil yang akan disewa sudah dibersihkan. Jika belum, periksa kondisi jok mobil. Jangan sampai ada barang-barang yang mungkin membahayakan, seperti pecahan kaleng, sampah plastik, atau jarum peniti.

d. Periksa AC atau multimedia
Sebelum menyewa kendaraan, pastikan untuk memeriksa kondisi AC dan multimedia kendaraan. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kecewa dan bosan saat akan menyewa kendaraan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

e. Periksa kondisi rem, kopling, dan gas
Memeriksa kondisi rem, kopling, dan gas mobil yang akan disewa dalam jangka waktu tertentu penting dilakukan untuk menghindari resiko kecelakaan selama di jalan raya. Untuk bisa mengetahui kondisi rem, kopling, dan gas mobil yang akan Anda sewa, tanyakan pada pihak penyedia jasa, apakah Anda bisa melakukan test drive pada mobil yang diinginkan. Jika kondisi rem, kopling, dan gas dirasa bermasalah, Anda bisa mencoba menggantinya dengan mobil lain yang lebih aman.



5. Posisi lepas atau dengan kunci
Dalam dunia persewaan kendaraan, seringkali Anda akan mendengar penawaran dengan atau lepas kunci. Hal yang dimaksudkan disini adalah menyewa mobil dengan atau tanpa driver sesuai dengaan kenyamanan penyewa. Umumnya harga sewa untuk kendaraan yang sudah dilengkapi dengan driver memang lebih mahal, namun dari segi keamanan, menyewa mobil langsung dengan driver terasa lebih baik, mengingat driver yang membawa kendaraan umumnya sudah sangat paham dengan kondisi medan jalan yang akan Anda lalui selama berada di Purwokerto.


6. Ada tidaknya asuransi mobil
Sebelum menyewa kendaraan, pastikan Anda bertanya pada penyedia jasa sewa terkait asuransi mobil yang akan digunakan, demi keamanan dan kenyamanan selama pemakaian. Dengan adanya asuransi, apabila ada kejadian yang tidak diinginkan selama sewa mobil, Anda sebagai penyewa bisa terbeban biaya yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil tanpa asuransi.


7. Kepastian tarif sewa dan sistem pembayarannya
Agar memudahkan Anda dalam membayar biaya sewa mobil, pastikan tarif sewa per 12 jam hingga per hari yang mungkin dikenakan oleh pihak persewaan mobil. Kepastian harga sewa akan membantu Anda dalam membuat budget dana yang harus dihabiskan selama menyewa mobil. Jangan lupa bertanya sistem pembayaran mobil yang disewa, apakah harus membayar DP 50% diawal waktu sewa atau harus langsung membayar lunas di depan.


8. Fasilitas lain yang mungkin didapatkan saat sewa
Ketika Anda menyewa kendaraan dari sebuah lokasi sewa, tidak ada salahnya untuk bertanya ada tidaknya fasilitas lain yang diberikan seperti air minum atau free charge 30 menit. Dengan demikian, kebutuhan sewa mobil yang Anda lakukan tetap terasa nyaman dan aman.


9. Klausul perjanjian dengan tempat sewa
Apabila Anda akan melakukan sewa mobil di Purwokerto, pastikan terlebih dahulu bagaimana klausul perjanjiannya, terutama yang berhubungan dengan sistem penggantian yang harus Anda lakukan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, seperti pencurian atau kecelakaan lalu lintas.


10. Prosedur charge atau pembayaran kelebihan biaya
Sebelum benar-benar sewa mobil Purwokerto, tanyakan bagaimana prosedur charge atau kelebihan biaya yang harus Anda tanggung apabila Anda menyewa mobil dan mengembalikannya jauh lebih lama dari waktu yang sudah disepakati di awal. Umumnya, sistem charge akan dikenakan apabila penyewa terlambat untuk mengembalikan mobil dalam hitungan jam atau hari.


Demikian informasi tersebut yang dapat Trend Purwokerto bagikan. Semoga bermanfaat bagi anda yang akan menggunakan jasa sewa mobil di Purwokerto. Demi kenyamanan dan keamanan anda kami merekomendasikan jasa penyewaan mobil dibawah ini yang sudah terpercaya melayani beribu pelanggan di Purwokerto.



Tidak ada komentar